Relawan Jokowi Kompak Bantu Korban Gempa Lombok

Relawan Jokowi Kompak Bantu Korban Gempa Lombok
Salah seorang warga korban gempa Lombok dirawat di halaman Puskesmas Senaru, Minggu (29/7). Foto: Pujo/Lombok Post/JPNN.com

jpnn.com, SUMBAWA - Bantuan bagi korban gempa Lombok terus mengalir. Di antaranya datang dari Tim Tanggap Bencana Dewan Pimpinan Pusat Arus Bawah Jokowi (ABJ).

Bantuan diserahkan langsung kepada masyarakat Dusun Labangkara dan Dusun Sukadana, Desa Sukadana, Bayan, Lombok Timur.

"Bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada masyarakat ini bentuk kepedulian relawan Jokowi yang tergabung dalam ABJ," ujar Ketua Bidang Sosial/Tanggap Bencana DPP ABJ Denny Mamoto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/8)

Bantuan yang diberikan antara lain, sembilan bahan pokok, makanan siap saji, air bersih, peralatan kesehatan dasar dan kebutuhan bayi serta anak.

"Solidaritas, kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi, yang mengharapkan relawan mempunyai jiwa kepedulian terhadap sesama," kata Denny.

Gempa diketahui mengguncang Lombok pada Minggu (29/7) lalu, Pukul 05:47:39 WIB.

Menurut Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, gempa susulan diketahui terjadi sebanyak 26 kali hingga Selasa (31/7).

BNPB juga menyampaikan jumlah total korban meninggal tercatat 17 orang. Jumlah ini termasuk korban yang meninggal di Gunung Rinjani, Lombok. Sementara 5.448 rumah rusak, 15 unit fasilitas pendidikan, 5 unit fasilitas kesehatan, 55 unit fasilitas peribadatan, 37 unit kios dan satu jembatan rusak.

Gempa Lombok Timur mengakibatkan rumah warga dan fasilitas umum rusak parah Minggu lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News