Relawan TKN Jokowi Minta Buruh Migran Dilindungi

Relawan TKN Jokowi Minta Buruh Migran Dilindungi
Direktur Relawan TKN Jokowi - Ma’ruf Amin, Maman Imanulhaq saat menyambangi rumah Tuty Tursilawati, migran asal Majalengka yang dieksekusi di Arab Saudi. Foto: Istimewa

jpnn.com, MAJALENGKA - Direktur Relawan TKN Jokowi - Ma’ruf Amin, Maman Imanulhaq turut berduka atas meninggalnya buruh migran asal Majalengka, Tuty Tursilawati yang dieksekusi mati di Arab Saudi pada 29 Oktober 2018.

Menurutnya, kasus yang menimpa Tuty Tursilawati menambah daftar panjang kasus penindasan dan ketidakadilan yang kerap dialami oleh para perempuan yang menjadi buruh migran di luar negeri.

Maman pun meminta keseriusan Pemerintah Daerah Majalengka dalam hal perlindungan terhadap buruh migran asal daerahnya. Sebab, masih ada beberapa TKI asal Majalengka yang sedang menghadapi masalah hukum. Salah satunya Eti Ruhaeti, buruh migran asal Cigambul, Majalengka.

“Kami berharap ke depan, kejadian serupa tidak terulang lagi,” kata Maman calon legislatif DPR RI dari PKB dapil Jabar IX ini.

Maman juga menyesalkan pihak Arab Saudi yang melakukan eksekusi tanpa ada pemberitahuan kepada pihakk keluarga dan pemerintah Indonesia. Karena itu, dia mendukung langkah pemerintah Indonesia yang melayangkan protes atas kasus tersebut.

Ke depan, Maman mendorong agar Pemerintah maksimal melindungi para Buruh Migran mengingat mereka adalah pahlawan devisa yang berkontribusi. "Buruh Migran Perempuan kerap mengalami perlakuan dan tindakan kekerasan, ancaman dan pelecehan seksual,” ungkap Tokoh muda NU ini

Seperti diketahui, selama bekerja di Arab Saudi, almarhumah Tuty rupanya kerap mengalami ancaman dan penyiksaan dari majikannya. (jpnn)


Relawan TKN Jokowi - Ma'ruf Amin menyambangi rumah Tuty Tursilawati, buruh migran yang dieksekusi di Arab Saudi.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News