Relokasi WNI jika Kondisi Memburuk

Relokasi WNI jika Kondisi Memburuk
Relokasi WNI jika Kondisi Memburuk
JAKARTA—Pemerintah Indonesia masih menetapkan radius aman radiasi nuklir berjarak 50 Km dari PLTN Fukushima, Jepang. PLTN ini meledak pasca gempa dan tsunami 11 Maret lalu. Meski demikian, bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih bertahan di Jepang, diminta untuk tetap waspada.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa pada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/3) mengatakan, pemerintah bersama dengan KBRI di Jepang terus melakukan pemantauan intensif. Prosedur siaga evakuasi bahkan telah disiapkan hingga radius 100 Km jika memang diperlukan. ‘’Tapi saat ini masih 50 Km. Kita tetap siap dengan berbagai rencana seandainya warga kita harus dievakuasi,’’ kata Marty.

Saat ini kata Marty, proses evakuasi WNI kembali ke tanah air termasuk relokasi dari daerah rawan radiasi nuklir, masih terus dilakukan KBRI. Rombongan WNI terakhir yang tercatat kembali ke tanah air, sebanyak 33 orang. Kondisi di Jepang sendiri, dikatakan sudah mulai stabil.

‘’Proses evakuasi tetap kita lanjutkan. Juga relokasi pada kondisi yang terburuk siap dilaksanakan. Secara umum, kondisi di Jepang sudah mulai stabil,’’ kata Marty.

JAKARTA—Pemerintah Indonesia masih menetapkan radius aman radiasi nuklir berjarak 50 Km dari PLTN Fukushima, Jepang. PLTN ini meledak pasca

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News