Rem Urbanisasi, Pemda Diminta Cari Solusi

Rem Urbanisasi, Pemda Diminta Cari Solusi
Rem Urbanisasi, Pemda Diminta Cari Solusi

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar meyakini peran otonomi daerah mampu mencegah urbanisasi, yakni perpindahan besar-besaran masyarakat desa ke kota.

Karena itu pemerintah daerah harus berperan aktif memperkuat perekonomian di pedesaan dan kota-kota kecil.

Muhaimin mengatakan, untuk mengatasi pengangguran di pedesaan dan kota-kota kecil, pihaknya mendorong pemerintah daerah meningkatkan aspek perencanaan ketenagakerjaan dan investasi. Kemnakertrans akan membackup bagaimana membuat perencanaan yang baik agar tidak terjadi penumpukan pengangguran.

"Pemerintah daerah harus proaktif mencari solusi investasi untuk penciptaan lapangan pekerjaan. Berbagai pembangunan seperti infrastruktur melalui padat karya dengan melibatkan masyarakat harus ditingkatkan dan dilakukan dengan matang," kata Muhaimin di Jakarta, Senin (12/8).

Muhaimin mengajak semua pihak turut mendorong program alternatif seperti kewirausahaan, padat karya produktif pelatihan kerja dan penerapan teknologi serba guna untuk mendukung penciptaan dan pembangunan ekonomi di berbagai kawasan Indonesia.

Untuk medukung sektor wirausaha dilakukan menciptakan wirausaha baru dengan memberikan program pelatihan, meliputi peningkatan keterampilan, keahlian dan manajemen, administrasi, serta pemberian bantuan sarana usaha kepada calon wirausaha yang dinilai potensial dan memiliki komitmen kuat.  

“Melalui kewirausahaan, diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja, baik bagi dirinya, maupun orang lain. Tahun 2013 ini ditargetkan terwujud 10.000 wirausaha baru," kata Muhaimin.

Menaker mengusung pengembangan 132 desa produktif yang tersebar di 33 Provinsi di Indonesia. Karena pengembangan desa produktif untuk menciptakan kesempatan kerja baru dan penyerapan tenaga kerja di kawasan pedesaan diyakini akan mampu mencegah terjadinya urbanisasi dari desa ke kota besar.

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar meyakini peran otonomi daerah mampu mencegah urbanisasi, yakni perpindahan besar-besaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News