Resmikan Kampus ke-5, Shopee Bantu UMKM DIY Naik Kelas dengan Tekonologi Digital

Resmikan Kampus ke-5, Shopee Bantu UMKM DIY Naik Kelas dengan Tekonologi Digital
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X meresmikan Kampus UMKM Shopee di halaman Kantor Diskop UKM DIY, Yogyakarta, Kamis. Foto: ANTARA/HO/Pemda DIY

jpnn.com, YOGYAKARTA - Shopee meresmikan Kampus UMKM Shopee Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (10/2). Buah kerja sama dengan pemerintah daerah setempat ini adalah kampus kelima Shopee di Indonesia.

Didirikan sebagai bentuk kelanjutan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kampus ini mempermudah UMKM di DIY dalam mengakses teknologi digital.

Kampus ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan UMKM DIY untuk mengembangkan bisnis secara digital, dan bisa bersaing.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X yang tidak dapat hadir langsung menyampaikan pesan lewat Wagub Sri Paduka Paku Alam X bahwa pemda sangat mengapresiasi sinergi, realisasi, dan implementasi Shopee dalam mendukung sektor UMKM lokal.

“Di tengah pandemi Covid-19, UMKM merupakan penggerak perekonomian DIY yang didominasi industri mikro dan kecil sebesar 98,4%, serta penyerapan tenaga kerja yang mencapai 79%. Hadirnya Kampus UMKM Shopee ini dapat menjembatani kebutuhan UMKM DIY dalam mempermudah dan mempercepat digitalisasi UMKM DIY di tengah banyaknya produk luar yang membanjiri pasaran Indonesia dan DIY," ujar Wagub DIY membacakan pesan tertulis dari Gubernur.

"Besar harapannya, Shopee dapat bersinergi dengan SiBakul Jogja dalam membantu perkembangan ratusan ribu UMKM DIY, sekaligus meningkatkan daya serap tenaga kerja di DIY untuk turut dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan nasional.”

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta Srie Nurkyatsiwi menyampaikan bahwa kehadiran kampus Shopee selaras dengan program prioritas pihaknya tahun ini.

Menurut dia, Pemda DIY bertekad membangkitkan kembali semangat lebih dari tiga ratus ribu pelaku usaha UMKM DIY yang terus meningkat secara signifikan berdasarkan data Sibakul Jogja.

Shopee meresmikan Kampus UMKM Shopee Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (10/2). Buah kerja sama dengan pemerintah daerah setempat ini adalah kampus kelima Shopee di Indonesia.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News