Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal, Jokowi Berharap Rakyat Indonesia Semakin Bangga

Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal, Jokowi Berharap Rakyat Indonesia Semakin Bangga
Presiden Joko Widodo meresmikan berakhirnya renovasi besar terhadap Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (7/1). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan berakhirnya renovasi besar terhadap Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (7/1).

Renovasi yang dimulai sejak Mei 2019 lalu, kini bersolek lebih indah selepas 42 tahun berdiri.

"Hari ini Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua, telah selesai direnovasi. Alhamdulillah," ujar Jokowi saat memberikan sambutan.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan, Istiqlal tampak berubah total dan seperti baru.

Di mana terdapat penataan lanskap yang semakin rapi, tata cahaya yang indah, dan sejumlah peningkatan lainnya untuk memberikan rasa nyaman umat dalam beribadah dan berkunjung ke masjid terbesar di Asia Tenggara ini.

"Renovasi Masjid Istiqlal menjadi semakin megah bukan untuk gagah-gagahan. Bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tetapi juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, kebanggaan bangsa kita Indonesia," kata Presiden.

Menilik sejarahnya, masjid tersebut didirikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemerdekaan yang diperoleh Indonesia.

Ungkapan syukur tersebut kemudian diwujudkan ke dalam pendirian sebuah masjid sebagai simbol kemerdekaan yang kini dikenal dengan nama Istiqlal. Kata istiqlal dalam bahasa Arab bermakna merdeka.

Ke depannya, Jokowi berharap Masjid Istiqlal tidak hanya megah secara fisik, tetapi juga menjadi sarana umat untuk meningkatkan iman dan takwa serta menjadi pusat pemberdayaan umat.

"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Masjid Istiqlal juga harus menjadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar Islam yang menyejukkan, membangun toleransi, dan membangun perdamaian," imbuhnya.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas renovasi yang telah dilakukan.

Dia mengatakan, sepanjang 42 tahun berdiri, baru kali ini Masjid Istiqlal mendapatkan renovasi secara besar-besaran. Anggaran yang dialokasikan untuk proses renovasi ini juga mencapai Rp511 miliar dengan melibatkan hingga seribu pekerja.

"Renovasi ini dilaksanakan secara serius dan profesional oleh Kementerian PUPR dengan menunjuk Waskita Karya sebagai pelaksananya," ucapnya.

Peresmian renovasi tersebut ditandai dengan pemukulan beduk sekaligus penandatanganan prasasti peresmian renovasi oleh Presiden Joko Widodo.

Setelahnya, Jokowi juga menyempatkan diri untuk melaksanakan ibadah salat magrib berjemaah di masjid tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hadir dalam peresmian tersebut ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.(tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Presiden Joko Widodo meresmikan berakhirnya renovasi besar terhadap Masjid Istiqlal. Presiden mengharapkan masjid tersebut mengembangkan syiar Islam yang menyejukkan, membangun toleransi, dan perdamaian.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News