Resolusi WHO Vaksin Polio Injeksi Batal

Resolusi WHO Vaksin Polio Injeksi Batal
Resolusi WHO Vaksin Polio Injeksi Batal
JAKARTA--Pertumbuhan penduduk Indonesia yang mencapai 4 juta jiwa pertahun menjadi sasaran empuk perusahaan farmasi internasional. Baru-baru Indonesia berhasil menggagalkan kebijakan atau resolusi baru WHO (World Health Organization) soal penerapan vaksin polio injeksi pengganti oral.

Kabar pergantian sistem vaksin polio ini dipaparkan oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Ali Ghufron Mukti. Dia mengatakan jika WHO baru saja menggelar semacam pertemuan akbar untuk mengambil kebijakan baru soal pemberian vaksin untuk bayi. Diantara agenda krusial dalam pertemuan itu adalah, merubah sistem pemberian vaksin polio dari oral ke injeksi.

"Kita menolak dan berhasil meyakinkan jika belum perlu menggunakan vaksin polio injeksi," tutur mantan dekan Fakultas Kedokteran UGM itu. Ali Ghufron mengatakan, selama ini di Indonesia pemberian vaksin polio oral sudah efektif.

Ali Ghufron mengatakan ada motivasi bisnis dibalik rencana resolusi WHO menerapkan vaksin polio injeksi itu. Dia mengatakan jika vaksin polio injeksi itu harganya jauh lebih mahal. "Perkiraan kami harganya 50 kali lipat harga vaksin polio oral," tandasnya. Selain harganya yang mahal, vaksin polio injeksi ini belum bisa diproduksi di dalam negeri.

JAKARTA--Pertumbuhan penduduk Indonesia yang mencapai 4 juta jiwa pertahun menjadi sasaran empuk perusahaan farmasi internasional. Baru-baru Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News