Banyak Penderita TB Belum Terobati

Banyak Penderita TB Belum Terobati
Banyak Penderita TB Belum Terobati
BANJARNEGARA-Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banjarnegara belum bisa mencapai target terhadap temuan penderita tuberculosis (TB). Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Linkungan (P2PL), Elisabet Cucuk mengatakan, pihaknya baru menemukan sekitar 45 persen penderita TB.

"Kami baru menemukan angka penemuan baru (CDR) sebesar 45 persen dari target nasional. Artinya angka temuan baru tersebut masih sangat kurang," katanya.

Labih lanjut dikatakan, target nasional minimal 70 persen CDR.  Dengan kata lain Dinkes  belum bisa mencapai menemukan kasus sesuai target. Dikatakan, banyak kendala yang dihadapi di lapangan untuk menemukan penderita TB. Antara lain kesulitan dalam pengambilan sampel dahak untuk penderita TB. Karena minimal harus dilakukan 3 kali pengambilan dahak.

Kendala lainnya yakni, untuk gejala batuk lebih dari dua minggu harus diambil sampel darahnya, tetapi banyak masyarakat yang tidak mau. Padahal sampel darah tersebut sangat penting untuk mengetahui adanya gejala TB.

BANJARNEGARA-Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banjarnegara belum bisa mencapai target terhadap temuan penderita tuberculosis (TB). Kabid Pencegahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News