Revolusi Suspensi tanpa Pegas dari Bose Segera Terwujud

Revolusi Suspensi tanpa Pegas dari Bose Segera Terwujud
Ilustrasi sistem suspensi magnetik dari Bose. (Foto: bose/jpnn)

jpnn.com, BOSTON - Revolusi suspensi mobil yang pernah dikembangkan Bose pada tiga dekade silam bernama Project Sound segera akan terwujud.

Suspensi yang biasanya didukung pegas sebentar lagi akan digantikan dengan sistem magnetik dengan keunggulan membuat mobil tidak akan mengayun meski melewati jalan atau bergelombang.

Di mana, Bose menggunakan suspensi MacPherson struct dengan mengganti pegas dan sok dengan magnet, ditambah motor penggerak dan sistem pengaturan dengan keammpuan membaca jalan yang akan dilalui kemudian bereaksi.

Hasilnya penumpang akan merasakan berkendara yang jauh berbeda seperti berada di dalam kereta cepat yang melaju sangat halus dan gerakan minim.

Juga disebutkan suspensi mobil tersebut mampu menghilangkan gejala bodi roll ketika kendaraan bermanuver.

Sayangnya, revolusi suspensi yang sudah disiapkan sejak 30 tahun lalu itu tak kunjung diproduksi secara masal. Hingga sebuah startup bernama ClearMotion menciptakan suspensi berteknologi canggih bernama ActiValve.

ClearMotion menggandeng Qualcomm dan Bridgestone untuk membuat suspensi masa depan itu ke produksi masal. Disebutkan, suspensi ini nantinya bisa mendukung untuk mobil swakemudi. (mg8/jpnn)


Revolusi suspensi mobil yang pernah dikembangkan Bose pada tiga dekade silam bernama Project Sound segera akan terwujud.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News