Rezim Assad Diduga Gunakan Gas Sarin, Begini Reaksi AS

Rezim Assad Diduga Gunakan Gas Sarin, Begini Reaksi AS
Menhan AS James Mattis berbicara kepada media di halaman Gedung Putih, Minggu (3/9). Foto: Reuters

jpnn.com, WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat tak mau buru-buru bertindak menyikapi informasi mengenai penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Syria. Washington akan mencari bukti terlebih dahulu atas klaim yang dilontarkan musuh-musuh Presiden Bashar al Assad tersebut.

Menteri Pertahanan AS James Mattis mengatakan, pihaknya prihatin jika gas sarin memang digunakan di Syria. Namun, sejauh ini AS belum bisa mengonfirmasi info tersebut.

"Saya tidak memiliki bukti, tapi kelompok lain di lapangan telah mengatakan bahwa sarin telah digunakan, jadi kami mencari bukti," sambungnya seperti dimuat Press TV, Jumat (2/2).

Pada April tahun lalu, AS membombardir pangkalan udara Syiria dengan rudal Tomahawk sebagai balasan atas penggunaan sarin terhadap warga sipil di Provinsi Idlib.

Mattis pun memastikan AS akan kembali bertindak tegas jika tudingan soal penggunaan sarin kali ini juga terbukti.

"Sejarah mencatat dan Anda semua telah melihat bagaimana kami bereaksi terhadap hal itu," tambah Mattis.

Mattis membuat pernyataan tersebut setelah pejabat senior AS mengklaim bahwa Presiden Donald Trump akan melancarkan tindakan militer terhadap pemerintah Syria jika diperlukan. (mel/rmol)


Pemerintah Amerika Serikat tak mau buru-buru bertindak menyikapi informasi mengenai penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Syria


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News