RI Enggan Cabut Moratorium TKI ke Timteng

RI Enggan Cabut Moratorium TKI ke Timteng
RI Enggan Cabut Moratorium TKI ke Timteng
JAKARTA--Direktur Jenderal Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Dirjen Binapenta) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Reyna Usman menegaskan, hingga saat ini pemerintah Indonesia masih enggan untuk mencabut moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke wilayah Timur Tengah. Menurutnya, pencabutan moratorium harus dibicarakan secara matang, terutama masalah yang terkait dengan perlindungan TKI di Timur Tengah.

“Untuk masalah pencabutan, nampaknya masih jauh dan memerlukan proses yang lama. Karena sampai saat ini masih ada beberapa hal yang belum disepakati, terutama mengenai jaminan perlindungan TKI,” ungkap Reyna di Jakarta, Minggu (20/5).

Dijelaskan, proses pembahasan bilateral mengenai moratorium TKI ke Timur Tengah ini sudah mengarah pada joint working group (JWG). Setelah itu baru akan dilanjutkan pada joint task force (JTF).

“Sampai sekarang memang ada desakan dari beberapa negara di Timur Tengah agar Indonesia mencabut moratorium ini. Misalnya, Arab Saudi dan Yordania. Tapi pemerintah masih menahan untuk tidak mencabutnya,” sebutnya.

JAKARTA--Direktur Jenderal Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Dirjen Binapenta) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Reyna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News