RI-Saudi Sepakati 11 MoU, Tak Ada Soal TKI

RI-Saudi Sepakati 11 MoU, Tak Ada Soal TKI
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud berbincang-bincang "veranda talk" dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3). Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS

jpnn.com - jpnn.com - Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi membuat sebelas nota kesepahaman (MoU) kerja sama berbagai sektor. Namun, di antara kesepakatan kerja sama itu, tidak ada masalah perlindungan TKI.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, hal itu tak masuk dalam sebelas nota kesepahaman. Namun, Presiden Joko Widodo telah berpesan secara khusus kepada Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud untuk menjaga TKI di Arab Saudi.

"Secara khusus Presiden RI menitipkan WNI yang tinggal di Arab Saudi langsung kepada raja Arab Saudi," kata Retno di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (3/3).

Menurutnya, Jokowi menyampaikan kepada Raja Salman, keberadaan WNI di Arab Saudi telah memberikan kontribusi yang baik bagi pembangunan dan perekonomian negara Timur Tengah itu.

"Sebagai respons, Raja Arab menyampaikan WNI adalah warga negara kami juga," ujar dia.

Retno menegaskan, pemerintah telah menetapkan perlindungan WNI di luar negeri sebagai prioritas utama.

"Mengenai perlindungan WNI pertama merupakan salah satu prioritas politik Indonesia," tandas dia. (Mg4/JPNN)


 Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi membuat sebelas nota kesepahaman (MoU) kerja sama berbagai sektor. Namun, di antara kesepakatan kerja sama


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News