RI sudah 72 Tahun Merdeka, Ini Permintaan Mendagri ke Seluruh Pemda

RI sudah 72 Tahun Merdeka, Ini Permintaan Mendagri ke Seluruh Pemda
Mendagri Tjahjo Kumolo beserta istri, Erni Guntarti Kumolo di Istana Kepresidenan, Kamis (17/8). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyodorkan sejumlah permintaan kepada seluruh kepala daerah dalam momen peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia. Permintaan itu didasari cita-cita untuk kebaikan bersama.

Permintaan pertama Tjahjo adalah agar seluruh pemda bisa bersungguh-sungguh menyelesaikan permasalahan di daerah masing-masing, rerutama terkait penyusunan rencana tata ruang wilayah (RTRW). PAdahal, RTRW juga menjadi acuan dalam pembangunan.

"Hal ini sangat penting karena salah satu acuan pembangunan nasional adalah tata ruang. Masih terdapat beberapa daerah yang belum menetapkan RTRW," ujar Tjahjo di Jakarta, Kamis (17/8). 

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan itu menambahkan, ada sejumlah sebab sehingga beberapa daerah belum menuntaskan RTRW. Salah satu penyebabnya terkait pemanfaatan kawasan hutan.

Kedua, Tjahjo meminta pemda terus-menerus memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam hal perizinan. “Seperi perizinan atau persyaratan investasi lainnya," ucapnya.

Mantan anggota DPR itu juga mengajak pemda aktif mengawasi pemanfaatan dana desa dan perbaikan terhadap tata kelola pemerintahan di desa. "Hal ini sangat penting agar dana desa benar-benar menjadi stimulan bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa," pungkas Tjahjo.(gir/jpnn)


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyodorkan sejumlah permintaan kepada seluruh kepala daerah dalam momen peringatan hari ulang tahun


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News