RI Tidak Ingin Ikuti Venezuela

Kontrak Tambang Tetap Dihormati

RI Tidak Ingin Ikuti Venezuela
RI Tidak Ingin Ikuti Venezuela
JAKARTA - Pengesahan UU Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba) terus memancing pro dan kontra. Ini terutama terkait ketentuan bahwa kontrak yang sudah ada tetap diteruskan sampai masanya berakhir. Menanggapi hal itu, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro mengatakan, prinsip yang dianut dalam UU Minerba adalah penghormatan terhadap kontrak atau sanctity of contract.

’’Kita tidak bisa memutus kontrak sepihak. Itu seperti Chavez (Presiden Venezuela Hugo Chavez, Red). Tidak bisa seperti itu,’’ ujarnya di Departemen ESDM, Rabu (17/12).

Pengesahan RUU Minerba yang dilakukan melalui Sidang Paripurna DPR Selasa lalu (16/12) memang diwarnai aksi keluar ruangan (walkout) tiga fraksi. Yakni, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB), dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketiga fraksi melakukan WO karena tidak setuju dengan ketentuan pasal 169. Bab 25 pasal 169 ayat a menyebutkan, kontrak karya dan perjanjian pengusahaan pertambangan batu bara yang telah ada sebelum berlakunya UU ini tetap diberlakukan sampai jangka waktu berakhirnya kontrak/perjanjian.

JAKARTA - Pengesahan UU Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba) terus memancing pro dan kontra. Ini terutama terkait ketentuan bahwa kontrak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News