Ria Enes Ajak Mahasiswa Berpikir Kreatif

Ria Enes Ajak Mahasiswa Berpikir Kreatif
Ria Enes saat tampil di Universitas dr Soetomo. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - 800 mahasiswa baru Universitas dr Soetomo mendapat materi pembekalan yang menarik. Yakni tentang berpikir kreatif. Hadir sebagai pembicara utama adalah Ria Enes yang dikenal bersama boneka Susan. ”Kreativitas harus ditemukan dan dikembangkan. Sebab, pemikiran tersebut tidak akan muncul dengan sendirinya tanpa proses pencarian,” katanya.

Menurut Kak Ria, sapaan akrab Ria Enes, kreativitas adalah cara berpikir. Artinya, bagaimana cara seseorang berpikir dan menghasilkan sebuah karya. Jadi, kreativitas tidak bisa tumbuh sendiri. Tapi harus digali. Dengan cara mengenali diri sendiri terlebih dahulu. "Siapa pun tidak akan tahu pemikiran kita apa, kecuali diri kita sendiri," ujar dia. 

Ria menambahkan, berpikir kreatif juga tidak harus memunculkan hasil karya yang besar. Bisa juga dengan menjalani hidup secara kreatif serta tidak stres menghadapi ujian dan tantangan. Merangkul kesulitan dan tantangan itu menjadi sesuatu yang bermakna bagi pengembangan diri. "Itu cara berpikir kreatif. Dan menghasilkan sesuatu yang kreatif juga," ucapnya. 

Setiap ide yang ada dalam pikiran harus diaktualisasikan. Setiap manusia tentu memiliki imajinasi liar yang bermanfaat untuk dikembangkan. Kumpulan ide cemerlang tersebut tidak boleh dikubur begitu saja. "Kreativitas itu dilahirkan dan diasah," kata perempuan 50 tahun tersebut. 

Wakil Rektor IV Unitomo Dr Meithiana Indrasari ST MM menyatakan, tema yang diangkat tentang creative passion itu sangat cocok untuk pembekalan maba. Dia berharap mereka tumbuh menjadi orang-orang kreatif. (ayu/c9/dio) 


Merangkul kesulitan dan tantangan itu menjadi sesuatu yang bermakna bagi pengembangan diri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News