Ribuan Anak TKI Putus Sekolah

Ribuan Anak TKI Putus Sekolah
Ribuan Anak TKI Putus Sekolah
JAKARTA - Ribuan anak dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia terpaksa putus sekolah. Tahun ini sedikitya 37.294 anak-anak TKI tidak mendapatkan pendidikan selama berada di negeri Jiran. Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) berencana meningkatkan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) di Sabah, Malaysia.

Wakil Mendiknas Fasli Jalal mengatakan, salah satu kendala yang dihadapi diantara, fasilitas yang belum memadai dan terbatasnya jumlah guru. Dengan jumlah guru lebih dari 100 orang, Fasli mengaku masih belum mengakomodir jumlah siswa.

"Tahun ini rencana akan kami tambah, hanya belum tahu ada berapa yang akan kami kirim ke sana (Kinibalu.red)," papar Fasli saat ditemui usai upacara Hari Anak Nasional (HAN) di Jakarta, kemarin. Kata dia, pada 2008 sekitar sembilan ribu anak saja yang terlayani pendidikannya. Dari jumlah seluruh anak pada usia sekolah sebanyak 24.199 anak TKI pada usia 6 hingga 19 tahun.

Sementara Tahun ini jumlahnya mencapai 37.294 anak. Kata Fasli,  keberadaan mereka tersebar di seluruh perkebunan. Dan persebaran anak-anak itu menyesuaikan persebaran TKI yang bekerja di Perkebunan Kelapa Sawit sekitar Kinabalu. "Jumlahnya tentu tidak sebanding dengan jumlah guru yang kami sediakan," katanya.

JAKARTA - Ribuan anak dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia terpaksa putus sekolah. Tahun ini sedikitya 37.294 anak-anak TKI tidak mendapatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News