Ribuan Penerima Beasiswa Terancam DO

Ribuan Penerima Beasiswa Terancam DO
Ribuan Penerima Beasiswa Terancam DO
JAKARTA - Ribuan mahasiswa penerima beasiswa kini diliputi kekhawatiran. Pasalnya, anggaran beasiswa yang melekat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini diblokir oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Jika tidak segera dicairkan maka para mahasiswa ini terancam di drop out (DO) dari universitas tempat menempuh pendidikan karena dianggap tidak memenuhi kewajibannya.

Makanya, Forum Mahasiswa Penerima Beasiswa Kemendikbud (FMPBK) mendesak Kementerian Keuangan untuk segera mencairkan anggaran beasiswa tersebut. Ketua FMPBK, Sudiyatmiko mengatakan semestinya Kementerian Keuangan bersikap proposional terkait dengan pemblokiran anggaran Kemendikbud sebesar Rp 62,1 Triliun.

"Kemenkeu seharusnya bersikap proporsional dalam pemblokiran anggaran di Kemendikbud. Program beasiswa di Kemendikbud semestinya tidak diblokir karena manfaat dan tujuannya jelas. Akibat pemblokiran ini, ribuan penerima beasiswa terancam drop out," ujar Sudiyatmiko, yang tercatat sebagai penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (7/3/2013).

Menurut mahasiswa Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia (UI)  ini, ribuan penerima beasiswa dari Kemendikbud berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan ragam profesi. "Mereka ada yang berasal dari  dosen, pegawai negeri sipil, aktivis, jurnalis, dan lain-lain," tambah Sudiyatmiko yang juga tercatat sebagai mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini.

JAKARTA - Ribuan mahasiswa penerima beasiswa kini diliputi kekhawatiran. Pasalnya, anggaran beasiswa yang melekat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News