Ribuan Warga Mengungsi ke Perbukitan

Ribuan Warga Mengungsi ke Perbukitan
Penampungan korban selamat di posko kesehatan GKPM Gereja Kristen Protestan Mentawai, Kecamatan Sikakap, Kepulauan Mentawai. Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS
SIKAKAP -- Sekitar 24.341 warga Kabupaten Kepulaun Mentawai, terpaksa mengungsi dan masih  menunggu bantuan. Kebanyakan dari warga yang rumahnya telah hancur, masih tinggal diperbukitan. Selama tinggal diperbukitan, mereka terpaksa makan buah dan umbi-umbian. Saat bantuan datang dan masuk ke wilayah mereka, mereka baru bisa mendapatkan mie instan, dan biscuit, serta makanan lainnya.

Bantuan yang mereka terima itu, terlihat tidak seimbang dengan kebutuhan mereka. Warga yang mengungsi, sangat mengaharapkan adanya air bersih, walaupun mereka berharap, namun air bersih yang mereka tunggu belum bisa masuk ke kawasan mereka, karena tingginya gelombang dan angin kencang.

Pantauan Padang Ekspres (grup JPNN) di Kecamatan Pagai Selatan Dusun Puraurougat, yang dikunjungi sekitar pukul 09.00 WIB kemarin (28/10) puluhan warga yang selamat berbondong-bondong turun dari perbukitan. Setiap warga yang turun, seakan tidak percaya desa yang telah lama mereka tempati luluh lantak.

Desa yang diterjang ombak setinggi delapan meter tersebut, tidak menyisakan satu rumah wargapun. Ombak yang disertai dengan batu karang, itu menghancurkan ratusan rumah warga.

SIKAKAP -- Sekitar 24.341 warga Kabupaten Kepulaun Mentawai, terpaksa mengungsi dan masih  menunggu bantuan. Kebanyakan dari warga yang rumahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News