Ridwan Kamil Ingin Mengajak Masyarakat yang Sedang Berbahagia

Ridwan Kamil Ingin Mengajak Masyarakat yang Sedang Berbahagia
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya menyiram pohon Manglid usai ditanam di kawasan Hulu Sungai Citarum, Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (22/2/2018). Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari

jpnn.com, BANDUNG - Untuk memulihkan lahan kritis di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Pemprov Jawa Barat bersama Satgas Citarum Harum akan menanam satu juta pohon.

"Berbagai jenis pohon tersebut akan ditanam, baik di dalam maupun di luar kawasan DAS Citarum," kata Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono di Bandung, Selasa (10/3).

Saat ini luas lahan kritis yang terdapat di dalam area DAS Citarum mencapai 15.000 hektare. Sedangkan luas lahan kritis di luar area DAS Citarum mencapai 64.000 hektare.

"Sebagai upaya untuk mengatasinya, sepanjang tahun 2019 kami telah menanam hingga 1,5 juta pohon untuk mengkonservasi lahan kritis," kata dia.

"Sekarang yang siap tanam ada sekitar satu juta pohon. Diutamakan lahan kritis yang ada di dalam kawasan dulu," lanjutnya.

Dia mengatakan, sepanjang musim hujan tahun 2020 ini akan ada aksi penanaman pohon telah dimulai dan jenis yang ditanam beragam, mulai dari pohon keras hingga kopi.

"Untuk saat ini sudah beberapa ratus ribu yang ditanam. Pohon kopi saja sudah ada 300.000-an, yang lainnya masih banyak lagi," kata dia.

Selain mengkonservasi lahan, Tri mengatakan pihaknya pada tahun ini juga akan menggalakan penindakan tegas para perusahaan yang kedapatan melanggar aturan pembuangan limbah.

Pemprov Jabar bersama Satgas Citarum Harum akan menanam satu juta pohon di sepanjang DAS Citarum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News