Ridwan Kamil Percaya Bupati Cianjur Tak Selewengkan Bantuan Gempa

Ridwan Kamil Percaya Bupati Cianjur Tak Selewengkan Bantuan Gempa
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. ilustrasi. Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com - Gubernur Jawa Barat angkat suara soal dugaan Bupati Cianjur Herman Suherman dilaporkan ke KPK atas dugaan penyelewengan bantuan gempa dari Emirates Red Crescent.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu membela Herman karena meyakini tidak ada indikasi korupsi yang terjadi dalam penyaluran bantuan gempa Cianjur.

Kang Emil menjelaskan, penyaluran bisa dilakukan dengan cara memberikan langsung kepada korban, atau dengan menyalurkannya ke posko-posko pemerintah.

"Saya udah konfirmasi, media juga hati-hati yah. Pertama begini, berikan porsi berita yang adil, kasihan menurut saya Bupati Cianjur. Bentuknya kan barang, barangnya kemudian diatur. Kenapa, karena membantu Cianjur itu dua pilihan, yang mau langsung silakan atau lewat pemerintah," jelas Kang Emil, Rabu (28/12).

Jika penyalurannya melalui posko pemerintah, maka bantuan tersebut kata Kang Emil mesti dikemas ulang. Pasalnya, banyak korban gempa Cianjur yang membutuhkan bantuan, sementara bantuan yang tersedia begitu terbatas.

"Kalau lewat pemerintah pasti diatur, karena mungkin barangnya sedikit yang butuh banyak. Maka, barang yang datang di-repacking supaya yang mendapatkan lebih merata. Jadi saya sendiri tidak meyakini ada dugaan negatif itu," jelasnya.

Dia meyakini, Herman Suherman takkan mungkin mengkorupsi bantuan gempa Cianjur seperti yang dituduhkan tersebut. Sebab menurutnya, musibah yang dialami warga Cianjur terjadi begitu signifikan.

"Tolong media juga berikan klarifikasi seluas-luasnya ke Bupati Cianjur yang menurut saya sedang dapat musibah, ditambah yang seperti ini. Saya kira ini ujiannya luar biasa," pungkasnya.

Kang Emil menjelaskan, penyaluran bisa dilakukan dengan cara memberikan langsung kepada korban, atau dengan menyalurkannya ke posko-posko pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News