Rimbawan Indonesia Berbakti Bagi Hutan dan Lingkungan Hidup

Rimbawan Indonesia Berbakti Bagi Hutan dan Lingkungan Hidup
Menteri LHK Siti Nurbaya dan jajaran di Hari Bakti Rimbawan 2023. Foto: dok KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Tahun ini merupakan momen peringatan Hari Bakti Rimbawan Ke-40. Hari yang sangat sakral ini menjadi momen introspeksi diri kontemplasi perjuangan seorang rimbawan dalam membangun kehutanan yang lestari, serta menjaga lingkungan hidup untuk kemaslahatan umat manusia.

Melalui tema “Hijaukan Bumi, Birukan Langit”, peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 40 diharapkan meneguhkan arah dan cara pandang seluruh rimbawan untuk terus menggali tentang peranan hutan sebagai elemen dan struktur pembentuk bentang alam serta lingkungan yang perlu senantiasa dijaga dan dirawat bersama.

Begitu pula peran atmosfer dan udara sebagai bagian di dalamnya yang harus dijaga untuk tetap bersih dan terefleksi dalam langit yang biru.

Seluruh rimbawan Indonesia baik yang bekerja di Kementerian LHK, pemerintah daerah, bisnis leaders, para aktivis, para pemangku kepentingan yang ada dan seluruh masyarakat, pada momentum ini diharapkan bisa bersama bahu membahu memberikan kontribusi pemikiran ataupun kegiatan nyata di lapangan, pada masing-masing area of interest/responsibility.

Hal itu untuk menyukseskan upaya pengendalian perubahan iklim secara masif dan terukur.

Sebagaimana komitmen-komitmen yang selalu disampaikan pada berbagai forum global/multilateral, Indonesia memandang sangat penting untuk memastikan bahwa komitmen-komitmen tersebut dipenuhi melalui kebijakan dan aksi-aksi nyata/leading by examples.

Seperti yang telah banyak dilakukan dalam penanganan karhutla dengan modifikasi cuaca dan sistem paralegal; pengendalian deforestasi; tata kelola gambut dan mangrove; pengendalian perijinan; pemulihan habitat dan populasi hidupan liar; ekoriparian dan replikasi ekosistem; membangun sirkuler ekonomi dan berbagai hal secara lebih rinci.

Pada momentum ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya meminta kepada seluruh Rimbawan Indonesia melihat dan menyadari kondisi-kondisi yang sudah berkembang saat ini sebagai tantangan besar untuk selalu menjaga setiap tapak hutan di bumi Indonesia ini, sehingga bisa dijadikan teladan bagi orang lain.

Rimbawan Indonesia dari masa ke masa telah menorehkan hasil kerja kerasnya dalam pelaksanaan tugas mengelola sumber daya alam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News