Rio Wijaya Dapat Dukungan Dari Aktivis Buruh Nasional dan Internasional

Rio Wijaya Dapat Dukungan Dari Aktivis Buruh Nasional dan Internasional
Aktivis buruh dari sejumlah negara mengelar aksi solidaritas untuk mendesak pembebasan terhadap Aktivis Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal (SP JICT) Rio Wijaya. Foto: SP JICT for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Aksi unjuk rasa untuk membebaskan aktivis Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal (SP JICT Rio Wijaya mulai mendapat dukungan nasional dan internasional. Sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan Rio, buruh pelabuhan dunia mengirimkan pesan dan dukungan kepada Rio, Rabu (27/11/2019).

Seperti diketahui, aksi global yang dilakukan tak lepas dari ketidakadilan yang terjadi terhadap Rio. Aktivis tersebut diduga dikeroyok tiga orang sekuriti JICT pada 20 Agustus lalu namun malah dipenjara oleh Polres Pelabuhan (KP3) karena adanya pengaduan manajer sekuriti atas tuduhan melanggar UU ITE.

Aksi solidaritas global ini diawali di Sydney, Perth, Brisbane oleh buruh pelabuhan maritim Australia dan diikuti oleh ribuan anggota Federasi Buruh Transportasi Internasional (ITF) di Inggris, Polandia, Kanada, India, Nepal, Afrika dan juga buruh konstruksi dunia (BWI). Sambil membawa poster “Bebaskan Rio Sekarang Juga“ dan “Keadilan Untuk Rio”.

Presiden Federasi Buruh Transportasi Internasional (ITF) Paddy Crumlin mengutuk keras upaya pengeroyokan oleh sekuriti perusahaan terhadap Rio dan upaya manajemen Hutchison di JICT untuk melaporkan Rio.

Rio Wijaya Dapat Dukungan Dari Aktivis Buruh Nasional dan Internasional

"Bebaskan Rio sekarang juga jika Hutchison masih ingin melakukan bisnis di Australia, Inggris, Polandia dan pelabuhan manapun. Kali ini Anda sudah keterlaluan. 18,5 juta buruh pelabuhan dunia bersama Rio,” ujar Paddy.

Senada dengan Paddy, Presiden buruh pelabuhan Belanda (FNV) Nik Stam tidak bisa menerima alasan apapun atas kekerasan di lingkungan kerja yang terjadi di JICT.

"Kami akan melakukan rapat dengan CEO ECT Hutchison Rotterdam minggu depan dan akan mengultimatum Saudara Leo Ruijs sebagai CEO perwakilan Hutchison agar segera melepaskan Rio. Kami tidak akan berhenti sampai pekerja mendapatkan keadilan," kata Nik.

Aksi unjuk rasa untuk membebaskan aktivis Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal (SP JICT) Rio Wijaya mulai mendapat dukungan nasional dan internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News