Riset INDEF: Shopee jadi Platform yang Paling Dipilih dan Digunakan UMKM

Riset INDEF: Shopee jadi Platform yang Paling Dipilih dan Digunakan UMKM
Pelaku UMKM kini makin memanfaatkan digitalisasi dalam mengembangkan bisnisnya. Hal itu terungkap dari hasil riset INDEF. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaku UMKM kini makin memanfaatkan digitalisasi dalam mengembangkan bisnisnya.

Hal itu terungkap dari hasil riset Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) bertajuk “Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia” yang dirilis pekan lalu.

INDEF mencatat bahwa sebanyak 34,25 persen pelaku UMKM memilih aplikasi digital seperti aplikasi e-commerce dan media sosial sebagai tempat utama untuk mereka berjualan secara online.

INDEF bahkan menemukan 50 persen UMKM atau lebih dari setengah total responden memilih Shopee sebagai platform utama yang mereka gunakan untuk berjualan online dalam satu tahun terakhir.

Selain aplikasi e-commerce, para pelaku UMKM juga aktif menggunakan media sosial seperti Facebook Marketplace dan Instagram Marketplace sebagai platform berjualan online.

Digitalisasi UMKM mendorong ekonomi digital di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang positif dari tahun ke tahun.

Google, Temasek, dan Bain memproyeksikan nilai ekonomi digital Indonesia akan tumbuh menjadi USD 109 miliar pada 2025. Bahkan pada 2030, ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan menyentuh angka USD 210 miliar hingga USD 360 miliar.

Pertumbuhan tersebut tak terlepas dari tingginya nilai transaksi sektor e-commerce, yang telah menjadi kontributor utama dalam ekosistem ekonomi digital tanah air. Kehadiran platform e-commerce ini juga telah membuka banyak peluang bagi pelaku UMKM untuk semakin mengembangkan bisnisnya secara online.

Pelaku UMKM kini makin memanfaatkan digitalisasi dalam mengembangkan bisnisnya. Hal itu terungkap dari hasil riset INDEF.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News