Riski Buka Lowongan Kerja dengan Gaji Besar, Oh Ternyata

Riski Buka Lowongan Kerja dengan Gaji Besar, Oh Ternyata
Pelaku penipuan modus membuka lowongan kerja ditangkap. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Riski Kurniawan,25, melakukan penipuan dengan modus membuka lowongan kerja sebagai sales promotion girls (SPG). Pemuda Jalan Tanjung Pinang, Perak, Surabaya itu malam membawa kabur ponsel para pelamar.

Aksi penipuan yang dilancarkan Riski berhasil dibongkar tim Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya. Riski ditangkap di parkiran Delta Plaza pada Selasa (15/1).

"Pelaku membuat akun facebook palsu bernama Jessica Andriana Tian untuk menggaet calon SPG (sales promotion girls)," ungkap Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya, Iptu Bima Sakti.

Riski mengaku sebagai konsultan dari salah salah satu mall di Sidoarjo. Dia sedang mencari SPG yang hendak dipekerjakan di mall tersebut.

Di akun tersebut, tersangka memposting lowongan pekerjaan itu lengkap dengan nomor handphone (HP). Jika ada pengguna medsos yang tertarik, mereka bisa menghubungi nomor tersebut.

Selanjutnya pelaku akan menuntun korban untuk diajak ketemuan di salah satu mall di Jalan Ahmad Yani.

"Sebelumnya korban diminta untuk membuat Curiculum Vitae (CV) ijazah, foto serta uang administrasi Rp 30 ribu. Semunya tersangka persiapkan untuk menyakinkan korban," ujarnya.

Setelah bertemu dengan korban, Riski mulai mencoba menyakinkan korban dengan pekerjaan itu. Bahkan korban diiming-imingi gaji besar. Namun sebelum menuju ke proses seleksi, Riski meminta HP para korban dengan alasan akan diinstalkan aplikasi yang nantinya bisa mempermudah mereka.

Riski Kurniawan melakukan penipuan dengan membuka lowongan kerja sales promotion girls (SPG) .

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News