Riza Marlon, 20 Tahun Jadi Fotografer Spesialis Alam Liar Indonesia

Demi Bidik Cenderawasih, Tempuh 24 Jam Perjalanan Nonstop

Riza Marlon, 20 Tahun Jadi Fotografer Spesialis Alam Liar Indonesia
Riza Marlon saat berburu foto di pedalaman Halmahera, Maluku Utara. Foto : Dokumen Pribadi for Jawa Pos
Menjadi fotografer khusus membidik hewan-hewan yang masih tinggal di alam liar bukanlah pekerjaan mudah. Tapi, itu dilakoni Riza Marlon sejak 20 tahun lalu. Apa yang membuatnya betah?

===========================
  TRI MUJOKO BAYUAJI, Jakarta
===========================
   

Kini, karya Riza sudah terpampang di berbagai publikasi LSM asing. Lembaga milik PBB seperti World Wild Fund (WWF), atau LSM Internasional seperti The Nature Conservacy (TNC), dan Wildlife Conservation Society (WCS) adalah beberapa nama yang menggunakan foto karya Riza.

   

"Saya menekuni bidang ini karena rasa terpukul," kata Riza saat ditemui Jawa Pos di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Indonesia, Depok, Minggu lalu (9/1). Saat ditemui, Riza baru saja selesai mengajarkan dasar-dasar fotografi objek alam liar kepada sejumlah mahasiswa MIPA.

Dengan latar belakang hobi menyayangi binatang, Riza menekuni dunia fotografi sejak bangku SMA. Awal mulanya, Riza mengabadikan objek-objek binatang di lingkungan sekitarnya. Saat masuk kuliah di Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Riza semakin termotivasi untuk menekuni fotografi alam liar. "Saya masuk fakultas biologi. Sejak itu mulai kenal banyak binatang," kata pria kelahiran 12 Januari 1960 itu.

Menjadi fotografer khusus membidik hewan-hewan yang masih tinggal di alam liar bukanlah pekerjaan mudah. Tapi, itu dilakoni Riza Marlon sejak 20

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News