Rizal Ramli Merasa Indonesia Lebih Damai dan Maju Tanpa Jokowi

Rizal Ramli Merasa Indonesia Lebih Damai dan Maju Tanpa Jokowi
Tokoh nasional Rizal Ramli. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli meyakini Indonesia lebih damai dan maju apabila Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak memimpin republik ini. Menurut dia, masyarakat akan damai apabila Jokowi lengser dari jabatan Presiden Republik Indonesia.

“Banyak yang bertanya, apakah jika Jokowi berhenti, mundur atau diundurkan, Indonesia akan lebih baik? Bukannya akan makin hancur, makin susah? Justru sebaliknya, Indonesia akan lebih baik, lebih damai, ekonomi rakyat akan lebih baik, damai dan makmur pasca-Jokowi,” kata Rizal Ramli saat dihubungi, Rabu (18/5).

Menurut Rizal Ramli, jika Jokowi mundur, tidak ada lagi namanya Islamofobia berbayar. Dia juga memperkirakan penegakan hukum anti-KKN lebih tegas, harga kebutuhan pokok bisa diturunkan, dan pemilu berjalan jujur serta adil.

“Ekonomi rakyat pasti akan lebih baik pasca-Jokowi, yakni kredit UKM ditingkatkan dari 18 persen kredit nasional jadi 30 persen, sehingga lapangan kerja akan naik. Lalu, cicilan utang akan dikurangi dari Rp 770 trilliun menjadi setengahnya. Penghematan cicilan untuk internet gratis dan lainnya,” jelas dia.

Selain itu, Rizal Ramli melihat wibawa dan pengaruh internasional Indonesia akan meningkat apabila Jokowi tak lagi memimpin.

Meski demikian, Rizal mengharapkan pemimpin pasca-Jokowi mengerti geopolitik, diplomasi international, dan teguh dalam prinsip bebas aktif serta berjuang untuk perdamaian dunia.

“Indonesia pasca-Jokowi akan sangat berpengaruh dan dihormati di ASEAN 10, diperhitungkan di Asia, dan jadi salah satu pemimpin penting Gerakan Non-Blok dengan memperjuangkan aspirasi perlunya tatanan dunia baru yang lebih adil dan manusiawi,” ujarnya. (tan/jpnn)


Rizal Ramli merasa Indonesia akan lebih baik, damai, dan maju ekonominya apabila Jokowi tak memimpin republik ini.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News