Rizal Ramli Sebut Rencana Ahok Ini Bertentangan dengan Pancasila

Rizal Ramli Sebut Rencana Ahok Ini Bertentangan dengan Pancasila
Rizal Ramli doa bersama warga Bukit Duri yang terancam digusur Pemprov DKI dalam rangka penataan Sungai Ciliwung. Foto: rmol

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Menko Maritim Rizal Ramli kembali melontarkan kritik pedas ke arah Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama. Kali ini yang jadi sorotannya adalah rencana penggusuran warga bantaran Kali Ciliwung di wilayah Bukit Duri. 

Menurut Rizal, rencana itu menunjukan bahwa rakyat belum benar-benar merdeka. "Selama 71 tahun, baru 20 persen yang menikmati kemerdekaan. 80 persen masih belum menikmati. Kalau mengatakan setengah merdeka memang betul," ujar Rizal Ramli saat berpidato di Bukit Duri, Rabu (17/8).

Dia menyebut rencana penggusuran itu bertentangan dengan Pancasila. "Kita lihat di sila keempat, apakah penggusuran pakai musyawarah? Pakai khidmat kebijaksanaan? Ini tidak. Pemimpin seenaknya," ujarnya ketus.

"Lanjut ke sila kelima, apakah penggusuran bagian dari keadilan sosial? Enggak." lanjut Rizal lagi.

Rizal menegaskan, Pancasila tidak boleh dijadikan pajangan atau sekadar kata-kata mutiara yang diumbar pejabat tapi tidak pernah diamalkan. "Jangan sampai Pancasila hanya jadi jampi-jampi. Ngomong-ngomong tapi tidak dilaksanakan. Soekarno itu ingin Pancasila diamalkan," tegasnya berapi-api. (rmol/dil/jpnn)


JAKARTA - Mantan Menko Maritim Rizal Ramli kembali melontarkan kritik pedas ke arah Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama. Kali ini yang jadi sorotannya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News