Robot Terapis Sembuhkan Trauma

Robot Terapis Sembuhkan Trauma
Robot Terapis Sembuhkan Trauma
TOKYO – Di Jepang, nyaris tak ada aktivitas manusia yang tak bisa digantikan robot. Untuk menghapus trauma pascatsunami, Jepang juga memanfaatkan bantuan robot. Robot berbentuk anjing laut itu bernama Paro.

Itu adalah robot terapis produksi Daiwa House Jepang. Sejak pertengahan Mei lalu, dua robot Paro menghuni panti jompo Suisyoen. Masing-masing bernama Love dan Peace. Selama dua tahun, dua robot mungil berlapis bulu lembut antibakteri tersebut bertugas untuk memulihkan mental para penghuni panti jompo akibat gempa bumi dan tsunami pada 11 Maret lalu.

"Jika memeluk benda ini, saya tidak peduli lagi pada apapun yang terjadi di luar. Angin topan sekalipun tak akan membuat saya takut," kata Satsuko Yatsuzaka, 85, salah seorang penghuni panti itu. Bersama robot anjing laut itu, dia merasa aman dan nyaman. Setiap hari, dia sengaja memeluk Love atau Peace selama sekitar setengah jam.

Para penghuni panti yang lain juga merasakan manfaat sama. Karena itu, Love dan Peace tak pernah menganggur. Setiap pagi dan sore dua robot terapis itu gantian berpindah dari dekapan satu penghuni panti satu kepada yang lain. Love dan Peace hanya istirahat sekitar dua jam saat makan siang untuk diisi ulang (charge).

TOKYO – Di Jepang, nyaris tak ada aktivitas manusia yang tak bisa digantikan robot. Untuk menghapus trauma pascatsunami, Jepang juga memanfaatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News