Roby Targetkan Bintan Jadi Surga Tanaman Sorgum

Roby Targetkan Bintan Jadi Surga Tanaman Sorgum
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan panen raya tanaman sorgum di Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Minggu (16/1/2022). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkab Bintan

jpnn.com, BINTAN - Plt Bupati Kabupaten Bintan, Kepri, Roby Kurniawan menargetkan daerah itu menjadi sentra atau surga bagi tanaman sorgum di Indonesia.

"Nantinya bisa kita gunakan untuk tanaman sorgum di atas lahan seluas 100 hektare di wilayah Bintan,” kata Roby Kurniawan usai panen raya tanaman sorgum di Kecamatan Toapaya, Bintan, Minggu (16/1).

Menurut Roby, saat ini pemerintah daerah setempat sedang mengembangkan bibit tanaman sorgum seluas 20 hektare.

Pada kesempatan itu, Roby sangat mengapresiasi petani sorgum, di mana dengan lahan seluas 1 hektare bisa panen minimal 3 ton sorgum.

Bahkan hasil produk olahan sorgum rencananya akan segera diekspor ke negara tetangga Malaysia dan Singapura.

“Kami sangat yakin bahwa pemasaran produk sorgum terbuka luas bagi mancanegara,” kata Plt Bupati Roby usai panen raya tanaman sorgum.

Dia menjelaskan pengembangan sorgum pertanian sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam menjadikan Bintan sebagai daerah sentra sorgum, sekaligus meningkatkan ekonomi petani di daerah.

Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan. Sorgum berada pada urutan kelima setelah gandum, jagung, padi dan jelai.

Menurut Roby, saat ini pemerintah daerah setempat sedang mengembangkan bibit tanaman sorgum seluas 20 hektare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News