Rossi Sabet Pole Position MotoGP Jepang dengan Dramatis

Rossi Sabet Pole Position MotoGP Jepang dengan Dramatis
Gaya Valentino Rossi usai memastikan pole position MotoGP Jepang 2016. Foto: AFP

jpnn.com - MOTEGI - Valentino Rossi membuat kejutan di babak kualifikasi MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Sabtu (15/10) siang WIB.

Tak banyak yang menduga, Rossi berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan 1m 43.954s. Torehan ini lebih baik 0,180 detik ketimbang rider Repsol Honda Marc Marquez yang sesungguhnya lebih dijagokan bakal start terdepan di balapan Minggu (16/10) besok.

Rossi memulai sesi kualifikasi dengan slow, tak begitu istimewa. Di lap awal, The Doctor (julukannya) hanya menempatkan waktunya di peringkat tiga atau empat. Sementara Marquez yang memang galak di free practice tiga dan empat pagi dan siang tadi, langsung ngebut.

Di lap ketiga dari delapan lap yang dia lakoni, Marquez menorehkan waktu 1m 44.134s. Komentator tayangan streaming kualifikasi sempat menyebutkan, waktu dan performa Marquez di Q2 sudah bikin rider lain minder.

Memang ada benarnya. Catatan waktu tersebut bertahan hingga di pengujung kualifikasi. Jorge Lorenzo sempat mendekat dengan catatan waktu selisih 0,267 detik. 

Namun tiba-tiba Rossi menyodok. Di lap ketujuh dari delapan lap yang dia geber, Rossi membukukan waktu 1m 43.954s. Sulit untuk dipercaya, mengingat selama latihan bebas, pembalap Movistar Yamaha ini paling hebat menempatkan diri di posisi keempat (latihan bebas pertama).

Selama free practice, Rossi tampak belum nyaman dengan setelan motor dan pilihan ban. "Ya, ini (pole position) sangat penting. Selama practice, saya kesulitan, namun tadi saya merasa motor bisa dipacu lebih. (Kerja) Tim memang luar biasa. Tentu saja, start terdepan selalu penting," singkat Rossi usai kualifikasi.

Pole ini merupakan yang ke-64 kalinya buat Rossi. Menyamai catatan pole milik Marquez dan Lorenzo.

MOTEGI - Valentino Rossi membuat kejutan di babak kualifikasi MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Sabtu (15/10) siang WIB. Tak banyak yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News