Rp 500 Juta untuk Buruh Nelayan

Rp 500 Juta untuk Buruh Nelayan
Rp 500 Juta untuk Buruh Nelayan
MATARAM-Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram menunjukkan perhatiannya pada warga yang menjadi buruh nelayan. Tahun ini, pemkot melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (Distanlutkan) menyiapkan anggaran Rp 500 juta. Anggaran itu disiapkan melalui program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) untuk meningkatkan derajat buruh nelayan.

Kepala Bidang Perikanan Distanlutkan Kota Mataram Lalu Alwan Basri menjelaskan, dana itu diarahkan melalui kelompok usaha bersama (KUB). ‘’Ada 37 KUB, namun yang menjadi sasaran tahun ini hanya lima kelompok dulu. Prioritasnya buruh nelayan,’’ terangnya.

Masing-masing kelompok akan memperoleh bantuan dana Rp 100 juta. Dana itu bisa dialokasikan untuk pembelian alat tangkap, perbaikan perahu, perbengkelan, dan asuransi.

Dana itu juga bisa diarahkan untuk membeli perahu, jika anggota kelompok belum memiliki perahu atau selama ini menangkap ikan dengan sistem bagi hasil dengan pemilik perahu. ‘’Tergantung kesepakatan bersama anggota kelompok. Yang jelas, tidak boleh dipakai di luar kegiatan perikanan tangkap,’’ tegasnya.

MATARAM-Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram menunjukkan perhatiannya pada warga yang menjadi buruh nelayan. Tahun ini, pemkot melalui Dinas Pertanian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News