RSUD Pasar Minggu jadi Rujukan Penanganan Kanker di Jakarta

RSUD Pasar Minggu jadi Rujukan Penanganan Kanker di Jakarta
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto: ANTARA/Bayu Prasetyo

jpnn.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu sebagai rujukan penanganan penyakit kanker di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengatakan selain menambah peralatan dan ruangan penanganan kanker, nantinya juga ada ahli radioterapi hingga perlengkapan penyakit dalam khusus ontologi sebagai peningkatan pelayanan di RSUD Pasar Minggu.

"Sesuai dengan arahan Pj Gubernur (Heru Budi Hartono, red), RSUD Pasar Minggu ke depannya menjadi rujukan kanker di DKI Jakarta sehingga kami sedang persiapan peralatan dan sumber daya manusia (SDM)," kata Widyastuti saat ditemui di RSUD Pasar Minggu, Rabu.

Dia menegaskan nantinya penanganan kanker ini tidak hanya melayani warga DKI Jakarta, namun juga melayani sementara rujukan-rujukan dari luar Provinsi DKI Jakarta.

Menurutnya, selain menambah peralatan dan ruangan penanganan kanker, nantinya juga ada ahli radioterapi hingga perlengkapan penyakit dalam khusus ontologi sebagai peningkatan pelayanan di RSUD Pasar Minggu.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mengupayakan penanganan dan penyembuhan penyakit kanker demi mewujudkan wilayah kota yang sehat dan bebas kanker.

Direktur Utama RSUD Pasar Minggu Endah Kartika Dewi menambahkan, pelayanan radioterapi ini sebagai salah satu penyembuhan penyakit kanker yang baru ada di DKI Jakarta.

Karena itu, pihak RSUD Pasar Minggu akan menambahkan layanan brakiterapi dan tenaga medis untuk melayani penderita kanker serviks yang kasusnya kian meningkat di DKI Jakarta.

Selain menambah peralatan dan ruangan penanganan kanker, nantinya juga ada ahli radioterapi sebagai peningkatan pelayanan di RSUD Pasar Minggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News