Rumah Baru Lalu Muhammad Zohri di Lahan 500 Meter Persegi

Rumah Baru Lalu Muhammad Zohri di Lahan 500 Meter Persegi
Kamar tidur Lalu Muhammad Zohri saat dia masih SMP di rumahnya di Dusun karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Foto: Harli/Lombok Post/JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK UTARA - Rumah keluarga Lalu Mohammadi Zohri, sprinter asal NTB peraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia, akan direhab. Pemerintah juga membangunkan sebuah rumah baru bagi pelari usia 18 tahun itu di lokasi lain.

“Kami sudah mulai mendesain renovasi rumah yang ada. Pihak keluarga Zohri tidak ingin dibangun baru, karena rumah tersebut memiliki banyak memori. Untuk renovasi rumah lama dan konstruksi rumah baru tidak lama, tidak sampai 6 bulan,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Palembang, Sabtu (14/7).

Renovasi rumah Zohri merupakan perintah Presiden Joko Widodo kepada PUPR. Basuki lantas menugaskan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga untuk mengunjungi rumah Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Danis telah tiba pada Jumat siang dan disambut oleh Bupati Lombok Utara H. Najmul Ahyar, pihak keluarga yang diwakili dua orang kakak Zohri, unsur dari Kepolisian dan TNI setempat, Kepala Dinas, dan Kepala Desa Pemenang Barat.

Danis mengatakan dari hasil musyawarah dengan keluarga, Bupati Lombok Utara serta pihak Kepolisian dan TNI, renovasi rumah untuk keluarga Zohri akan dilakukan bersama-sama dengan TNI dan Polri.

Rumah Baru Lalu Muhammad Zohri di Lahan 500 Meter Persegi

”Pengadaan tanah untuk rumah baru akan disiapkan oleh Pemkab Lombok Utara, sementara untuk pembangunannya akan dilakukan oleh Kementerian PUPR,” jelas Danis.

Renovasi rumah segera dilakukan begitu tanah tersedia. Danis berharap bisa dilakukan mulai minggu depan. Danis mengatakan telah menyiapkan desain rumah baru Zohri dengan tipe yang akan kita disesuaikan dengan kondisi dan luas tapak yang disiapkan oleh Pemkab Lombok Utara.

Pemerintah memutuskan merehab rumah lama keluarga Lalu Muhammad Zohri, sekaligus menyiapkan rumah baru untuk sang juara dunia itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News