Rupiah Lemah, Harga Truk dan Bus jadi Mahal

Rupiah Lemah, Harga Truk dan Bus jadi Mahal
Bus buatan Jepang yang dijual di Indonesia. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, SURABAYA - Melemahya rupiah terhadap dolar berimbas pada naiknya harga produk otomotif. Khususnya jenis truk dan bus.

Kenaikan berkisar mulai 2 hingga 4 persen, ini karena masih dibutuhkannya komponen pendukung yang harus didatangkan dari luar negeri.

Ini dirasakan salah satu agen pemegang merk bus atau truk, asal Jepang. Sejak kenaikan kurs dolar beberapa bulan terakhir, terpaksa harus menaikkan harga secara bertahap mulai 2 hingga 4 persen.

Menurut Wibowo Santoso, Deputi General Manager Sales Hino Motors, meski sudah terdapat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) hingga 70 persen dan dirakit di indonesia tapi kondisi ekonomi tetap memengaruhi penjualan.

"Ada beberapa komponen atau spare part harus didatangkan dari luar negeri seperti Jepang, Tiongkok atau Thailand yang otomatis harganya menggunakan kurs dolar," jelas Wibowo.

Wibowo menambahkan, pihaknya tetap optimistis dengan penjualan karena saat ini industri insfraktutur, perkebunan atau transportasi masih berkembang dan tetap membutuhkan bus atau truk.

Terbukti kenaikan penjualan di kuartal 3 2018 ini telah mencapai hingga 48 persen. (yos/jpnn)


Spare part untuk mesin bus dan truk mahal saat rupiah lemah sehingga harga jual meningkat.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News