Rusdy-Ma'mun Sudah Menyiapkan Rencana Infrastruktur Darat, Laut, dan Udara

Rusdy-Ma'mun Sudah Menyiapkan Rencana Infrastruktur Darat, Laut, dan Udara
Ma'mun Amir saat bersama warga pendukungnya.Foto: Dok PD

jpnn.com, PALU - Presiden Joko Widodo telah menetapkan lokasi ibu kota baru di sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pemindahan ibu kota negara ini telah melakukan kajian matang. Walaupun sedang tertunda karena covid-19, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 2 Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir tetapi menyiapkan program merevitalisasi infrastruktur konektivitas darat, laut, dan udara di Sulawesi Tengah.

"Saya dan Pak Rusdy membaca peluang dan kesempatan ini untuk mewujudkan Sulawesi Tengah menjadi Provinsi Penyangga Ibukota baru ke depan. Karena lokasi daerah ini tidak terlalu jauh, jadi harus dipersiapkan dari sekarang," tutur Ma'mun Amir

Letak Sulawesi Tengah menjadi sangat strategis karena merupakan jalur terdekat dalam rantai pasok atau transportasi berbagai kebutuhan pembangunan dan logistik di Pulau Kalimantan.

Melalui jalur laut menggunakan kapal Pelni, dari Pelabuhan Pantoloan ke Pelabuhan Semayang Balikpapan bisa ditempuh hanya dalam 12 jam pelayaran.

"Kemarin Pak Rusdy sudah pernah kunjungi Kasimbar di Parigi Moutong, ke depan kami sepakat menjadikan penyangga utama kebutuhan pangan bagi Ibu Kota Negara, di Kalimantan dengan membangun pelabuhan kargi berskala besar," ungkap Ma'mun

Menurutnya Kasimbar memiliki lokasi strategis sebagai pusat logistik penyangga ibu kota. Jarak tempuh darat Kasimbar- Tambu Pantai Barat Donggala, hanya kurang lebih 30 kilometer.

Rusdy-Ma'mun juga akan bangun jalan by pass bebas hambatan menuju Pelabuhan Tambu.

Letak Sulawesi Tengah menjadi sangat strategis karena merupakan jalur terdekat dalam rantai pasok atau transportasi berbagai kebutuhan pembangunan dan logistik di Pulau Kalimantan. yang akan menjadi wilayah ibu kota baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News