Rusia Caplok Markas AU Ukraina

Rusia Caplok Markas AU Ukraina
Tentara Rusia saat menangkap tentara Ukraina di Simferopol beberapa waktu lalu. FOTO: AFP

jpnn.com - BELBEK - Rusia mulai menegaskan status Crimea kepada Ukraina. Negeri Beruang Merah tersebut mengusir tentara Ukraina yang masih berada di Crimea. Mereka merasa bahwa Crimea sudah milik Rusia, bukan lagi wilayah otonomi khusus Ukraina. Karena alasan itulah, kemarin (23/3) tentara elite Rusia menyerang pangkalan udara di Crimea yang masih dihuni tentara Ukraina. 

"Tentara Rusia menyerang dengan menembakkan senjata ke udara dan melemparkan granat Sabtu lalu (22/3)," kata seorang tentara Ukraina seperti dikutip BBC. Para tentara itu didukung armada tank yang berjajar. 

Sebelumnya, tentara Ukraina yang masih bertahan di pangkalan udara Belbek, Crimea, menerima surat peringatan untuk menyerah. 

Serangan itu adalah unjuk kekuatan Rusia kali pertama sejak Crimea berada di pelukan mereka. Tiga minggu lalu, Moskow juga menurunkan ribuan tentara ke Crimea saat referendum menggeliat. Pengamanan dilakukan hingga hari H pemungutan suara. 

Namun, baru kali ini Rusia menyerang secara terbuka kepada tentara Ukraina. (AFP/BBC/sha/c6/dos)

BELBEK - Rusia mulai menegaskan status Crimea kepada Ukraina. Negeri Beruang Merah tersebut mengusir tentara Ukraina yang masih berada di Crimea.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News