Rusun Marunda Manfaatkan Gas Bumi, Jokowi: Lebih Aman

Rusun Marunda Manfaatkan Gas Bumi, Jokowi: Lebih Aman
Rusun Marunda Manfaatkan Gas Bumi, Jokowi: Lebih Aman

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), kemarin (25/9), meyambangi Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Di sana Presiden RI terpilih itu meresmikan pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mendorong pemakaian gas sebanyak-banyaknya. Baik itu untuk rumah tangga maupun industri.

"Ini lebih aman. Sudah dicek. Infrastruktur yang mahal pipa utamanya. Gas ada di sini. Tidak usah impor. Total dari dalam negeri," ujar dia.

Dia mengatakan, nanti akan dilakukan pemanfaatan gas bumi di rusun lainnya. Tidak hanya di Rusunawa Marunda. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga berdialog dengan warga. Dia menanyakan kepada warga perihal banyaknya penggunaan gas.

Dirinya akan memantau langsung perihal berapa besar pengeluaran para penghuni rusun yang menggunakan gas tersebut.
"Sebulan pakai gas elpiji berapa kali. Kalau tiga kali sekitar Rp 60 ribu. Kalau pakai gas, bayarnya kira-kira Rp 20 sampai Rp 30 ribu. Bisa menabung, bisa menghemat. Lebih aman," tutur mantan walikota Solo itu.

Sementara itu, Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Hendi Prio Santoso mengatakan, penyaluran gas ke Rusunawa Marunda bekerjasama dengan Kementerian ESDM. Untuk tahap awal sudah tersambung pipa gas ke unit rusunawa warga sebanyak 700 unit.

"Sebanyak 282 unit sudah terpasang kompor gas. Sisanya masih menunggu. Pembayaran penggunaan gas,  melalui bank DKI. Kami sudah kerjasama," ungkap dia.

Hendi menambahkan, pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga, untuk mendukung program sejuta sambungan. Pemanfaatan gas bumi, dapat mengurangi beban subsidi pemerintah di sektor energi.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), kemarin (25/9), meyambangi Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News