Jumat, 23 Agustus 2019 – 20:22 WIB

Rutin Mengkonsumsi Buah Efektifkah untuk Mencegah Kanker Payudara?

Jumat, 19 Juli 2019 – 04:05 WIB
Rutin Mengkonsumsi Buah Efektifkah untuk Mencegah Kanker Payudara? - JPNN.COM

jpnn.com - Buah merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin dan teratur. Ini karena buah kaya akan vitamin yang baik untuk menunjang fungsi tubuh manusia. Saking banyak manfaat yang dimiliki buah, sebagian orang menganggap bahwa asupan sehat yang satu ini mampu mencegah kanker payudara.

Dilansir dari Verywell Health, pada 2018 ada sebuah penelitian yang menyelidiki wanita berusia di atas 30 tahun yang rutin mengonsumsi buah-buahan. Setelah berbagai metode percobaan, peneliti menyatakan bahwa wanita tersebut tidak memiliki risiko untuk terkena kanker payudara, termasuk jenis kanker lain yang lebih ganas.

Terkait temuan itu, dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter mengatakan bahwa buah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Zat tersebut mampu melawan radikal bebas yang bisa menjadi pemicu kanker.

“Makan buah setiap hari memang bisa menurunkan risiko kanker payudara. Itu karena buah mengandung banyak antioksidan, dan bersifat antiproliferasi sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya kanker,” ujar dr. Adeline. 

Tak berhenti di situ, buah juga memiliki komponen lain yang disebut memiliki peran penting dalam pencegahan kanker. Apa saja? Dilansir Verywell Health, berikut penjelasannya: 

Fenolik

Sejak lama, senyawa fenolik diduga memiliki kemampuan untuk mengurangi sel kanker dalam tubuh (kemopreventif) maupun sebagai senyawa pengobatan kanker itu sendiri. Senyawa ini tampaknya memiliki efek langsung pada perkembangan siklus sel.

Selain itu, beberapa senyawa fenolik juga terbukti mampu menghambat pertumbuhan kanker (profileasi), memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang kuat. Senyawa ini bahkan dapat bertindak sebagai stimulan sistem saraf dan kekebalan tubuh. 

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar