Minggu, 18 Agustus 2019 – 00:18 WIB

Rutin Mengonsumsi Minyak Ikan, Bikin Anak Lebih Cerdas?

Selasa, 13 Agustus 2019 – 22:59 WIB
Rutin Mengonsumsi Minyak Ikan, Bikin Anak Lebih Cerdas? - JPNN.COM

jpnn.com - Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Memberikan asupan bernutrisi dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan si Kecil. Salah satu yang paling sering diberikan adalah minyak ikan. Namun, benarkah mengonsumsi minyak ikan bisa bikin anak lebih cerdas?

Manfaat minyak ikan

Minyak ikan sendiri kaya akan asam lemak esensial omega-3 (EPA dan DHA) yang dinilai dapat memberikan beragam manfaat. Faktanya, omega-3 dalam minyak ikan termasuk golongan lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh, salah satunya untuk perkembangan otak si Kecil.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, banyak penelitian yang menemukan bahwa omega-3 EPA dan DHA memiliki peran penting dalam mencerdaskan tumbuh kembang otak si Kecil. Sebab, omega-3 EPA dan DHA mampu membantu proses pembentukan myelin, yaitu selubung saraf yang membantu transmisi listrik saraf menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien. 

Studi menemukan bahwa omega-3 DHA dan EPA juga penting untuk maturasi sel-sel saraf otak. Tidak cuma itu, komponen tersebut juga dapat bermanfaat untuk melindungi jaringan saraf dari stres oksidatif.

Namun ternyata, tidak hanya dengan cara memberikan minyak ikan pada si Kecil, tapi mengonsumsi minyak ikan selama masa kehamilan pun juga bisa meningkatkan kecerdasan otak si Kecil selama masih di dalam kandungan. 

“Suplementasi minyak ikan selama kehamilan mampu meningkatkan dan membentuk kecerdasan otak anak sejak dini. Hal ini dikarenakan adanya kandungan DHA dalam minyak ikan yang mampu menunjang perkembangan susunan saraf otak manusia, ” ujar dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter.

Untuk meningkatkan kecerdasan otak si Kecil, selain minyak ikan, dr.Alvin juga menyarankan agar para orang tua dapat menstimulasi anak-anaknya dengan permainan yang mengoordinasikan berbagai organ, seperti menendang dan melempar bola. 

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar