RUU Desa Segera Dibahas

Pasca Unjuk Rasa Parade Nusantara

RUU Desa Segera Dibahas
DEMO - Ribuan aparat desa yang tergabung dalam Parade Nusantara saat menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (22/2). Foto: Raka Denny/Jawa Pos.
JAKARTA - Ribuan orang dari Parade Nusantara (Persatuan Rakyat Desa Nusantara) berunjuk rasa di gedung DPR kemarin (22/2). Mereka menuntut pengesahan RUU tentang Pemerintahan Desa pada tahun ini. Perwakilan dari Kemendagri dan DPR yang menemui mereka siap menindaklanjuti aspirasi tersebut.

Seluruh peserta demonstrasi datang dengan mengenakan seragam PDH (pakaian dinas harian) aparat pemerintahan desa. Demonstrasi yang dimeriahkan kesenian reog Ponorogo itu berjalan aman dan tertib.

Puluhan perwakilan Parade Nusantara sekitar pukul 09.30 diterima langsung Ketua DPR Marzuki Alie dan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso. Ada juga Ketua Badan Legislatif (Baleg) Ignatius Moelyono, Ketua Komisi II Burhanuddin Napitupulu, beserta sejumlah anggota Komisi II DPR yang lain. Hadir juga Dirjen Kesbangpol Kemendagri Tanribali Lamo.

Marzuki Alie mengatakan, bila desa ingin berkembang, pertumbuhan memang harus didorong dari desa, bukan kota. Karena itu, dia merespons positif dorongan untuk segera membahas RUU tentang Desa. "Kita ikuti saja mekanisme teknisnya," kata Marzuki.

JAKARTA - Ribuan orang dari Parade Nusantara (Persatuan Rakyat Desa Nusantara) berunjuk rasa di gedung DPR kemarin (22/2). Mereka menuntut pengesahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News