Sabu-Sabu Diselundupkan di Pasta Gigi

Sabu-Sabu Diselundupkan di Pasta Gigi
Pelaku ditangkap. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Sipir Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tulungagung menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu melalui pembesuk yang menyaru sebagai keluarga napi.

Kepala Lapas Kelas IIB Tulungagung Budiman Kesumah mengatakan pengungkapan kasus tersebut berawal dari kecurigaan petugas terhadap pasta gigi yang dibawa seorang pembesuk berinisial GB (27) asal Kediri, Jawa Timur.

"Kejadiannya pada Kamis (27/4) kemarin saat jam besuk warga binaan. Ada salah satu pembesuk yang kedapatan membawa sejumlah barang keperluan napi kasus narkoba, dan setelah diperiksa ada barang yang patut kami curigai," kata Budiman, Jumat.

Dia mengatakan GB awalnya terlihat cukup piawai dalam upayanya menyelundupkan sabu-sabu karena bubuk narkoba warna putih itu dimasukkan dalam wadah pasta gigi yang dikemas ulang secara rapi.

Namun, petugas yang sudah memiliki keahlian dalam mendeteksi barang-barang selundupan memeriksanya satu per satu, termasuk membuka tutup pasta gigi berisi sabu-sabu yang terlihat sudah dirapikan mirip kemasan pabrik tersebut.

"Setelah kami periksa dan bongkar ternyata di dalamnya berisi sabu-sabu seberat 10,49 gram," katanya.

Tindak lanjut dari temuan sabu-sabu oleh petugas Lapas Tulungagung ini, katanya, LP telah berkoordinasi dengan Reserse Narkoba Polres Tulungagung.

"Komitmen kami jelas dan tidak main-main dalam pemberantasan narkoba, berkolaborasi dengan aparat penegak hukum (APH) dalam hal ini Polri untuk penanganan perkara,” jelas Budiman.

GB terlihat cukup piawai dalam upayanya menyelundupkan sabu-sabu dimasukkan dalam wadah pasta gigi yang dikemas ulang secara rapi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News