Safari Politik Ganjar di Jabar Berpengaruh Besar Untuk Dukungan Ulama dan Ajengan

Safari Politik Ganjar di Jabar Berpengaruh Besar Untuk Dukungan Ulama dan Ajengan
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo ketika melakukan safari politik di Jawa Barat. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Kegiatan safari politik bakal capres 2024 Ganjar Pranowo ke berbagai pondok pesantren di Jawa Barat (Jabar) mendapat sambutan apik dari kalangan ulama dan kiai atau ajengan.

Pengamat politik Adi Prayitno mengatakan kunjungan Ganjar ke Jabar sangat wajar dilakukan. Sebab provinsi tersebut menjadi ‘battle ground’ lantaran jadi salah satu wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak.

Adi menilai safari politik Ganjar di Jabar akan berpengaruh signifikan terhadap dukungan kepadanya, khususnya dari kalangan ulama.

“Tentu Jabar signifikan, karena Jawa Barat itu merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia,” kata Adi dihubungi wartawan, Senin (9/10).

Adi menyebut kunjungan yang dilakukan Ganjar ke pesantren dan menemui para kiai serta ajengan itu tidak lepas dari track record keluarganya. Yakni sang istri, Siti Atikoh yang merupakan keturunan kiai NU yang disegani.

“Artinya memang keluarga besar Ganjar itu adalah keluarga besar kiai, keluarga besar pesantren. Jadi wajar kalau kemudian penerimaan Ganjar Pranowo di Jawa Barat signifikan,” ujar dia.

Di beberapa kunjungan, Ganjar juga menerima amanat dari para kiai dan ajengan terkait berbagai hal. Para kiai dan ajengan tampak menitipkan harap khususnya berkaitan dengan pesantren jika menjadi presiden.

Menurut Adi, itu tak lepas dari kepemimpinan Ganjar selama dua periode di Jawa Tengah yang erat dan dekat dengan para alim ulama. Sehingga wajar, jika para kiai dan ajengan di Jabar menaruh harap hal itu dibawa ke tingkat nasional.

Kegiatan safari politik Ganjar Pranowo ke berbagai ponpes di Jabar berdampak besar bagi dukungan dari ulama dan ajengan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News