Sah, Prajurit KRI Nanggala-402 Naik Pangkat dan Dianugerahi Tanda Kehormatan RI

Sah, Prajurit KRI Nanggala-402 Naik Pangkat dan Dianugerahi Tanda Kehormatan RI
Menhan Prabowo Subianto menyerahkan SK kenaikan pangkat dan bintang kehormatan kepada prajurit KRI Nanggala-402 yang diberikan secara simbolis kepada perwakilan keluarga prajurit di Hanggar 2 Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/4). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur dalam tugas di utara perairan Bali mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dan dianugerahi Tanda Kehormatan RI Bintang Jalasena Nararya.

Penganugerahan tanda kehormatan tersebut berlangsung dalam sebuah upacara Militer dipimpin Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Hanggar 2 Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/4).

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono serta para perwira tinggi dan para pejabat TNI-Polri.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) dalam keterangan tertulis menyebutkan, penganugerahan tanda kehormatan dan kenaikan pangkat tersebut berdasarkan Keppres RI Nomor 26/TK/Tahun 2021 tentang penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Nararya.

Selain itu, berdasarkan Keppres RI No 39/TNI/ Tahun 2021 tentang kenaikan pangkat luar biasa operasi selain perang anumerta, Kepmenhan RI No 466/IV/2021 tentang pemberian kenaikan pangkat anumerta dan Kep Panglima TNI Nomor Kep 341/IV/2021 tentang penetapan kenaikan pangkat luar biasa operasi militer selain perang anumerta.

Menhan Prabowo mengatakan bangsa Indonesia tengah dilanda musibah yang mengejutkan semua pihak atas peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-402. Gugurnya 53 awak kapal di medan latihan telah membawa duka yang sangat mendalam bagi keluarga Hiu Kencana, Keluarga Besar TNI Angkatan Laut, dan seluruh rakyat Indonesia.

“Untuk itu atas nama pemerintah Republik Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan dukacita atas gugurnya 53 prajurit terbaik TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas diperairan utara Pulau Bali,” ucap Menhan RI.

Lebih lanjut, Prabowo mengungkapkan bahwa kru KRI Nanggala-402 telah menjaga kedaulatan negara dan bangsa di samudera Indonesia. Pengorbanan para prajurit tersebut tidak sia-sia dan para keluarga yang ditinggalkan patut merasa bangga atas pengorbanan yang besar tersebut.

Prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur dalam tugas di utara perairan Bali mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dan dianugerahi Tanda Kehormatan RI Bintang Jalasena Nararya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News