Sah, Wali Kota Samarinda Andi Harun Terpilih Jadi Ketum Aspeksindo

Sah, Wali Kota Samarinda Andi Harun Terpilih Jadi Ketum Aspeksindo
Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud menyerahkan estafet kepemimpinan Aspeksindo kepada Wali Kota Samarinda Andi Harun didampingi Direktur Eksekutif Aspeksindo Andi Fajar saat Munas II di Pendopo Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (8/10/2021). Foto: Dok. Aspeksindo

jpnn.com, BELITUNG - Wali Kota Samarinda Andi Harun terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) periode 2021- 2025 pada Musyawarah Nasional (Munas) II di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (8/10/2021) malam.

Dalam Munas II yang diikuti 338 kepala daerah itu, Andi terpilih secara aklamasi. Dia menjadi Ketua Umum Aspeksindo menggantikan ketua umum sebelumnya Abdul Gafur Masud yang juga Bupati Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur.

Munas II tersebut juga menetapkan Bupati Belitung Sahani Saleh sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aspeksindo dan Bupati Kaimana Freddy Thei sebagai Bendahara Aspeksindo.

Ketua Umum Aspeksindo Andi Harun mengatakan dirinya mengapresiasi cara yang dilakukan Aspeksindo dalam melakukan pemilihan dengan penuh kekeluargaan.

“Tradisi baik ini perlu dilanjutkan,” ujar Andi Harun usai Munas II Aspeksindo.

Menurut Harun, program utama Aspeksindo di bawah kepemimpinannya adalah mendorong dan mengawal RUU Daerah Kepulauan yang diinisiasi DPD RI sehingga bisa menjadi undang-undang.

“Betapa pentingnya kita punya anugerah di sektor kelautan dan pesisir," paparnya.

Aspeksindo juga memberikan perhatian kepada isu perubahan iklim. Menurut dia, secara sosial ekonomi, 25 persen atau 120 juta penduduk Indonesia tinggal di pesisir. Hal itu sangat strategis sehingga pemerintah harus menitikberatkan pada pembangunan daerah kepulauan.

Wali Kota Samarinda Andi Harun terpilih sebagai Ketum Aspeksindo periode 2021- 2025 pada Munas II di Kabupaten Belitung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News