Sahabat Serumpun tapi Cetak Bendera Merah Putih Terbalik

Sahabat Serumpun tapi Cetak Bendera Merah Putih Terbalik
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo tidak tinggal diam menyikapi kasus bendera Merah Putih yang terbalik dalam booklet Sea Games 2017.

Tjahjo juga berkirim surat kepada Mendagri Malaysia dan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia.

Tujuannya, agar kasus tersebut dapat menjadi perhatian serius bagi pemerintah Malaysia, selaku tuan rumah Sea Games 2017.

"Suratnya bukan seperti nota diplomatik protes resmi kepada Malaysia, karena itu dikeluarkan oleh Menteri Luar Negeri. Ini hanya surat biasa kepada sahabat saya Mendagri Malaysia dan Dubes Malaysia untuk Indonesia yang saya kenal," ujar Tjahjo di Jakarta, Senin (21/8).

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini mengaku merasa perlu berkirim surat karena selama ini Malaysia merupakan negara sahabat serumpun.

Namun ternyata terhadap hal yang prinsip saja tentang Indonesia, yaitu tentang Bendera Merah Putih, tidak diperhatikan.

"Permintaan maaf tentu diterima, tapi saya kira tetap perlu dipertanyakan. Karena untuk pencetakan (booklet Sea Games,red) kan ada cek materi yang akan dicetak dari pejabat Malaysia. Apalagi ini terkait bendera negara peserta," ucapnya.

Tjahjo menangkap kesan dalam hal ini perhatian serius dari pemerintah Malaysia sangat kurang. Karena ketika bicara bendera, setiap negara seharusnya memahaminya sebagai lambang kedaulatan sebuah negara.

Mendagri Tjahjo Kumolo tidak tinggal diam menyikapi kasus bendera Merah Putih yang terbalik dalam booklet Sea Games 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News