Saham ASII Muncer, UNTR Terhempas

Saham ASII Muncer, UNTR Terhempas
Saham ASII Muncer, UNTR Terhempas
JAKARTA - Kinerja keuangan PT United Tractors Tbk (UNTR) dan PT Astra International Tbk (ASII) diperkirakan terkena dampak bencana Tsunami yang menyapu Pantai Timur Jepang pada Jumat (11/3) lalu. Maklum, Komatsu memiliki 11 pabrik di Jepang. Di mana sebanyak 6 pabrik terletak di Pantai Timur dan terkena bencana Tsunami.

Menurut analis CLSA Sarina Lesmina, volume penjualan alat berat merek Komatsu kategori alat besar mencapai 20 persen dari volume penjualan UNTR. Sedangkan nilai pendapatan mencapai 40-50 persen. Sedangkan penjualan alat-alat berat Komatsu kategori kecil dan menengah diperkirakan tidak akan bepengaruh karena diproduksi di Indonesia. Namun kemungkinan UNTR akan kesulitan mendapatkan pasokan komponen dari Jepang.

Hingga saat ini, Komatsu belum dapat memberikan hitung-hitungan dampaknya terhadap kesediaan pasokan alat berat maupun komponen-komponennya. "Hingga saat ini kami masih menunggu kabar terbaru dari pihak Komatsu," tandas Sara K Loebis, corporate secretary UNTR, di Jakarta Senin (14/3).

Sejauh ini pihak perseroan belum melakukan evaluasi target penjualan alat berat untuk tahun 2011. Namun dia memperkirakan akan ada perlambatan penjualan akibat bencana alam itu. "Ya, mungkin akan ada penurunan,” imbuhnya.

JAKARTA - Kinerja keuangan PT United Tractors Tbk (UNTR) dan PT Astra International Tbk (ASII) diperkirakan terkena dampak bencana Tsunami yang menyapu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News