Saksi Prabowo-Hatta tak Hadir

Saksi Prabowo-Hatta tak Hadir
Saksi Prabowo-Hatta tak Hadir

jpnn.com - RAYA - KPU Simalungun, Sumut, membuka sebanyak 71 kotak suara, Senin (11/8). Pembukaan kotak suara itu terkait dengan gugatan pasangan capres dan cawapres Prabowo-Hatta yang sedang dalam proses sidang di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, saat pembukaan kotak suara berlangsung, saksi dari pasangan nomor urut 1 itu tidak hadir.

Sekretaris KPU Simalungun Arsyad Siregar menyebutkan, 71 kotak suara yang dibuka itu berasal dari 10 kecamatan, yakni dari Kecamatan Bandar, Bosar Maligas, Dolok Panribuan, Gunung Malela, Jawa Maraja Bah Jambi, Jorlang Hataran, Pematang Bandar, Siantar, Tanah Jawa dan Tapian Dolok.

“Dari daerah lain (21 kecamatan lagi, red) tidak ada masalah,” ujar Arsyad, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/8).

Arsyad menerangkan, pembukaan surat suara tersebut dituangkan dalam berita acara pembukaan kotak suara. Selanjutnya, pengambilan dokumen dari kotak suara akan dijadikan sebagai alat bukti di persidangan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) Presiden dan Wakil Presiden 2014, dengan nomor:161/002.434769/BA/VIII/2 014. Dijelaskan, dokumen yang akan dikirim diantaranya formulir C1, C1 plano, C7 dan formulir D.

Ia menyebutkan, pembukaan surat suara sudah mereka lakukan sejak Sabtu (9/8). Sementara Minggu libur, kemudian dilanjutkan hari Senin (11/8). “Hari ini Senin (11/8), semuanya sudah harus selesai dan dikirim ke KPU Medan,” kata Arsyad.

KPU Simalungun lanjut Arsyad, hanya mengirimkan data yang diminta. Pembukaan kotak suara juga hanya diberlakukan terhadap kotak suara yang diduga terjadi penyimpangan.

“Jadi, pembukaan kotak suara bukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan dengan hasil pleno sebelumnya, tapi hanya mengambil data kemudian mengirimkannya. Hasilnya nanti itu dibuktikan di MK, bukan sekarang ditentukan,” tandasnya.

“Sejauh ini, KPU Simalungun percaya proses pilpres di Simalungun sudah berjalan baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya lagi.

RAYA - KPU Simalungun, Sumut, membuka sebanyak 71 kotak suara, Senin (11/8). Pembukaan kotak suara itu terkait dengan gugatan pasangan capres dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News