JPNN.com

Salip Swiss, Portugal Lolos ke Piala Dunia 2018

Rabu, 11 Oktober 2017 – 07:34 WIB
Salip Swiss, Portugal Lolos ke Piala Dunia 2018 - JPNN.com

jpnn.com, LISBON - Jawara Euro 2016, Portugal akhirnya lolos ke Piala Dunia 2018 di laga pemungkas kualifikasi Grup B. Cristiano Ronaldo cs lolos setelah menang 20 dalam laga di Lisbon, Rabu (11/10) dini hari.

Kemenangan itu membuat poin Portugal menjadi 27, sama dengan perolehan Swiss. Tapi, Selecao das Quinas - julukan timnas Portugal, berhak mendapat tiket lolos langsung ke Rusia lantaran memiliki produktivitas tinggi.

Portugal mencetak 32 gol dan hanya kemasukan 4 gol. Sementara itu, Swiss mencetak 23 gol dan kemasukan 7 gol.

Swiss harus puas mengais asa ke Rusia 2018 lewat jalur play-off. Ini jelas menyakitkan bagi Swiss yang dalam sembilan laga awal selalu meraih kemenangan dan terus berada di atas. Tapi, pada tikungan akhir, tim asuhan Vladimir Petkovic itu harus menangis karena mengalami kekalahan. Satu-satunya kekalahan itu ternyata membuat mereka gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2018.

Selecao das Quinas, julukan Portugal tampil di Piala Dunia untuk ke-7 kalinya. Hebatnya, Rusia 2018 merupakan penampilan ke-5 mereka secara beruntun sejak 2002. Prestasi terbaik adalah menduduki peringkat tiga pada 1966 yang berlangsung di Inggris. Kala itu, Portugal diperkuat bintang Eusebio.

Portugal sendiri tak mudah mengalahkan Swiss. Tim asuhan Fernando Santos itu baru bisa membobol gawang Swiss pada menit 41. Itu pun lewat bunuh diri Johan Djourou.

Defender yang pernah berkostum Arsenal itu gagal mengantisipasi bola liar hasil umpan silang Eliseu. Bola mengenai kakinya dan masuk ke gawang sendiri.

Gol kedua Portugal dihasilkan pada babak kedua, tepatnya menit 57. Aksi Bernardo Silva usai menerima sodoran dari Joao Moutinho, lantas memberikan umpan tarik ke area penalti Swiss. Bola meluncur dan diterima Andre Silva yang berdiri tanpa pengawalan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek