Salju Longsor Tewaskan 135 Orang di Kashmir

Salju Longsor Tewaskan 135 Orang di Kashmir
Salju Longsor Tewaskan 135 Orang di Kashmir
KASHMIR - Sedikitnya 135 orang tewas dalam bencana  longsor salju di daerah pegunungan Kashmir di perbatasan Pakistan dan India, Sabtu (7/4) dini hari. Kebanyakan dari korban yang tewas adalah tentara karena longsoran salju tepat mengubur sebuah kamp tentara Angkatan Darat Pakistan.

Lokasi bencana berada di distrik Gayari di wilayah gletser Siachen yang masuk dalam teritori Pakistan. Keseluruhan wilayah Siachen sendiri telah lama diperebutkan oleh Pakistan dan tetangga sekaligus musuh bebuyutan mereka India.  Wilayah itu menjadi salah satu pusat medan peperangan antara kedua negara di era tahun 80-an.

Seperti dilaporkan AFP Minggu (8/4), Tidak ada satupun korban berhasil ditemukan setelah pencarian yang berlangsung sehari penuh dengan melibatkan lebih dari 150 tentara, anjing pelacak dan helikopter di wilayah seluas sekitar 1 km2 tersebut.  Upaya pencarian korban sempat dihentikan tadi malam malam akibat cuaca buruk dan berlanjut pagi tadi.

Dalam jumpa pers tadi malam, Juru Bicara  militer Pakistan Mayjen Athar Abbas mengatakan bahwa korban yang diduga tewas terkubur terdiri dari 124 tentara dan 11 warga sipil. Menurutnya, bencana ini membawa akibat yang sangat fatal karena terjadi ketika mayoritas korban masih asyik terlelap.

KASHMIR - Sedikitnya 135 orang tewas dalam bencana  longsor salju di daerah pegunungan Kashmir di perbatasan Pakistan dan India, Sabtu (7/4)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News