Saluran Kalimalang Akan 'Disulap' Mirip Wisata Sungai di Seoul Korea

Saluran Kalimalang Akan 'Disulap' Mirip Wisata Sungai di Seoul Korea
Desain proyek revitalisasi Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Foto: Pradita Kurniawan Syah/Antara

jpnn.com, BEKASI - Meningkatkan sektor kepariwisataan Jawa Barat (Jabar) sekaligus melestarikan budaya Tanah Pasundan yang tidak terlepas dari air, Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jabar akan merevitalisasi saluran air Kalimalang di Kota Bekasi menjadi wisata air mirip Sungai Cheonggyecheon di Kota Seoul, Korea Selatan.

"Pengembangan destinasi wisata air ini pun diharapkan mampu menjadi kebanggaan warga Bekasi," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Jabar Linda Al Amin di Bekasi, Senin (30/9).

Menurut dia, Kalimalang akan memiliki sempadan saluran sebagai ruang publik di tengah kota yang tertata dan terpelihara baik. Revitalisasi dan penataan sempadan saluran Kalimalang dilakukan pada 2019 hingga 2020 mendatang.

Tahun ini, revitalisasi Kalimalang akan terfokus pada pembangunan bagian luar badan air yang meliputi taman seni, taman timur, dan promenade sejarah.

Sedangkan pada 2020 akan dibangun zona bermain anak, kolam dangkal anak, ruang ngariung, taman flora musiman, tanggul penahan tanah, jalan inspeksi, taman lampu, dan jembatan penyeberangan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun ini telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4,6 miliar dan pada 2020 mencapai Rp 26 miliar.

Linda memastikan penataan sempadan saluran Kalimalang tidak akan mengganggu pemeliharaan sumber air dan dilakukan sesuai regulasi dengan harapan meningkatkan kepedulian masyarakat Bekasi akan fungsi dan kelestarian sumber daya air.

"Kami berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah dan limbah ke saluran Kalimalang," katanya.

Revitalisasi dan penataan sempadan saluran Kalimalang dilakukan pada 2019 hingga 2020 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News